Ini dia Pantai unik di Bantul!

May 1, 2019

Tahukah kamu ada berapa pantai di Bantul?

Yogyakarta diapit oleh alam berupa Gunung dan Pantai, pemandangan alam di kota yang magis ini memang sudah terbukti membekas di hati para sobat wisata yang berkunjung. Tahukah kamu jika Yogyakarta ternyata memiliki beragam pilihan destinasi wisata alam, mulai dari gunung, perbukitan, hingga pantai. Nah untuk membantumu menentukan pilihan destinasi wisata alam berupa pantai ketika di Yogyakarta, kami rangkum 5 pantai unik yang bisa kamu kunjungi.

Pantai Parangtritis

Siapa sih yang tidak mengenal pantai yang satu ini? Pantai yang sangat terkenal di Yogyakarta ini memiliki mitos yang sangat terkenal yaitu, Nyi Roro Kidul. Banyak yang beranggapan bahwa fenomena Nyi Roro Kidul hanyalah sebuah mitos belaka, namun banyak pula yang percaya dengan keberadaannya. Apapun dan bagaimanapun pendapat seseorang sebaiknya kita hargai dan hormati tanpa harus mencela dan menjelekkannya ya!

sumber : booking.com

Santai, kita kali ini akan membahas pantai kok! Bukan hal-hal yang berbau mistis, karena lebih enak kalau berbau kismis atau misis hehehehe. Okay, sekarang kita bahas soal Pantai Parangtritis secara serius. Apa sih yang bisa kamu lakukan atau kamu dapat ketika kamu berkunjung ke pantai ini? Lalu bagaimana sih caranya kesana? Atau dimana sih Pantai Parangtritis itu? Mari kita bahas satu per satu.

Pantai Parangtritis terletak di ujung selatan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya sekitar 30KM dari pusat kota Yogyakarta. Jika kamu menempuh perjalanan menggunakan sepeda motor dari pusat kota Yogyakarta, paling tidak kamu membutuhkan waktu 1 jam untuk sampai disana. Jika menggunakan mobil paling tidak bisa 1 hingga 1,5 jam karena terkadang macetnya luar biasa! Saking antusiasnya sobat wisata yang ingin berkunjung kesana, maka tak heran jika pantai ini selalu rame di akhir pekan.

Ketika kamu hampir memasuki area pantai, kamu akan berhadapan terlebih dahulu dengan tempat Tanda Pembayaran Retribusi (TPR) area Pantai Parangtritis. Kamu cukup merogoh saku Rp 3.000 saja untuk membayar Retribusi. Lalu setelah melewati TPR kamu akan memasuki area Pantai Parangtritis yang berada di sebelah kanan jalan. Ingat ya! Kanan jalan! Jangan ke kiri! Oke?

Di pantai ini kamu dapat menyewa ATV, menaiki delman, dan juga beraktivitas lainnya sebagaimana hal-hal yang dilakukan oleh wisatawan di sebuah pantai. Tapi jangan berenang di pantai ini ya, karena terdapat larangan untuk berenang disana. Ingat! Ikuti peraturan yang ada dan jangan sembarangan mengambil tindakan agar kamu jadi wisatawan yang tidak merepotkan 🙂

Pantai Depok

Selain Pantai Parangtritis, ada sebuah pantai di deretan pantai di DIY yang namanya mirip dengan sebuah daerah di dekat Ibukota Jakarta, yaitu Depok. Tapi ingat ya, ini bukan dikota, tapi pantai! Apa sih yang membedakan pantai ini dengan pantai parangtritis? Kenapa kamu harus kesini? Yuk kita bahas!

sumber :
http://tempatwisataindonesia.id/pantai-depok/

Pantai Depok masih berada di sekitaran Pantai Parangtritis, hanya saja, sebelum memasuki TPR Pantai Parangtritis kamu harus berbelok ke kanan dan mengikuti jalan yang ada menggunakan kendaraan. Jika kamu ingin berjalan gak papa sih, tapi kami sarankan untuk menggunakan kendaraan agar kamu tidak capek duluan sebelum berkegiatan di Pantai Depok. Tapi kalau kamu masih kekeuh pengen jalan, gak papa sih, karena perjalananmu tidak akan sia-sia. Di pantai ini kamu akan menemukan deretan warung-warung yang menjajakan berbagai macam jenis makanan dari hewan laut yang bisa kamu santap untuk mengobati rasa lelahmu dalam perjalanan.

Pantai Depok memang sangat terkenal dengan aneka hidangan seafoodnya. Jika kamu memiliki alergi terhadap makanan laut, sebaiknya jangan makan terlalu banyak atau hindari menyantap aneka hidangan laut tersebut. Jadilah wisatawan yang bijak dengan menjaga diri sendiri dan tidak merepotkan orang lain, karena dirimu adalah tanggungjawabmu. Jadi harus bijak ya sebelum menikmati aneka hidangan disana 🙂

Gumuk Pasir

Di Yogyakarta ada gumuk pasir? Ada dooong. Bahkan satu-satunya di jawa bahkan Indonesia loh. Tahukah kamu bahwa gumuk pasir hanya ada di 4 tempat di dunia? Nah Indonesia memiliki salah satunya, jadi kamu harus berbangga dan menjaganya agar bisa terus kamu perkenalkan ke anak cucumu ya!

Memangnya apasih gumuk pasir itu? Menurut wikipedia :

Gumuk Pasir Yogyakarta terbentuk dari material Gunung Merapi yang kemudian mengalami Trasnportasi melalui Sungai Opak dan Sungai Progo yang kemudian terbawa ombak dan mengendap di pantai. Material yang mengendap kemudian mengering dan terbawa angin lalu terbang kedaratan sehingga mengalami proses Deposisi menjadi Gumuk Pasir. Nama gumuk berasal dari bahasa jawa yang artinya gundukan-gundukan pasir yang terhampar luas. Gumuk Pasir yogyakarta terletak di sebelah barat Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.  

Nah sudah tau kan apa itu gumuk pasir? Lalu apa yang bisa kamu lakukan disana? Yang jelas dan pasti dilakukan oleh banyak wisatawan adalah berfoto. Karena di tempat ini terdapat beberapa spot untuk berfoto. Selain berfoto bisa ngapain lagi sih? Ada hal yang gokil dan bisa kamu coba untuk menguji adrenalinmu disini, yaotu dengan bermain sandboarding. Sandboarding adalah sebuah permainan papan diatas pasir. Hampiri mirip dengan skateboarding namun bedanya tidak pakai roda, dan kamu hanya harus meluncur saja dari bukit-bukit atau gundukan pasir yang tinggi. Rasakan sensasinya!

Pantai Pandansari

Tahukah kamu jika tidak banyak pantai di Indonesia yang memiliki mercusuar? Salah satunya ada di pantai Pandansari di Bantul, DIY. Di pantai ini kamu dapat melihat salah satu mercusuar yang ada di DIY. Kamu cukup membayar Rp 5.000 untuk dapat masuk kedalam mercusuar ini.

sumber :
https://twitter.com/infojogja/status/853162885702455300

Pantai Pandansari terletak satu deret dengan Pantai Samas, Pantai Goa Cemara, Pantai Kuwaru, dan Pantai Pandansimo. Tidak ada angkutan umum menuju Pantai Pandansari sehingga wisatawan wajib membawa kendaraan pribadi. Dari Yogyakarta Anda cukup menyusuri Jalan Bantul. Dari Kota Bantul perjalanan masih dilanjutkan ke arah selatan. Setelah sampai di pertigaan sebelum Pantai Samas, silahkan belok kanan dan ikuti petunjuk arah yang ada.

Jadi mau ke pantai mana liburan kali ini?

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *